Struktur Organisasi Proyek

Organisasi adalah suatu wadah kegiatan sekelompok manusia atau badan dengan pembagian  tugas tertentu untuk mencapai tujuan bersama dengan memanfaatkan sumber daya semaksimal mungkin. Kegiatan tersebut dapat berupa jasa maupun lainnya sesuai dengan tujuan. Banyak sedikitnya kegiatan dapat mempengaruhi jumlah tenaga sebagai pelaksana kegiatan.

Struktur organisasi proyek adalah pengorganisasian dalam lingkup pekerjaan proyek kontruksi yang mempunyai hubungan kerjasama yang baik dan bertanggung jawab antara semua unsur-unsur  yang terkait agar dapat mencapai suatu keberhasilan semua jenis pekerjaan yang dihasilkan, ketetapan, dan kelancaran pekerjaan. Menurut Hasibuan (2010:128) Struktur organisasi adalah suatu gambar yang menggambarkan tipe organisasi, pendepartemenan organisasi kedudukan, dan jenis wewenang pejabat, bidang dan hubungan pekerjaan, garis perintah dan tanggung jawab, rentang kendali dan sistem pimpinan organisasi.

Dikutip dari ilmusipil.com dalam sebuah proyek konstruksi, bagian – bagian manajemen dari struktur organisai yang ada didalamnya antara lain:

  • Pemilik proyek atau owner
  • konsultan perencana
  • konsultan pengawas
  • kontraktor
  • Project manajer
  • Site Enginer
  • Pengedali operasional proyek
  • logistik proyek
  • arsitek atau drafter gambar kerja
  • Quantity surveyor
  • Quality Qontrol.
  • Safety atau K3
  • Pelaksana proyek
  • Surveyor
  • administrasi proyek
  • dll

Oleh :

Hardian Ega Tamtama
0216104056
Reguler B2

Dosen Pengampu : Iis Rostiawati, S.E., M.M.

Sumber: